Cara Pendaftaran CPNS Online 2014 Panselnas sscn.bkn.go.id

kemenkes

Tata cara alur proses pendaftaran CPNS Online tahun 2014 di website panselnas.menpan.go.id bulan agustus memang harus diakui sulit dalam proses mengakses laman situs website Portal Seleksi Nasional Pendaftaran CPNS tahun 2014 di http://panselnas.menpan.go.id dan juga pada laman website http://sscn.bkn.go.id karena begitu antusiasnya masyarakat mengakses kedua situs tersebut.

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2014 telah mengumumkan jadwal resmi pengumuman seleksi penerimaan CPNS 2014. Jadwal sebelumnya yang dikeluarkan panselnas dan Kemenpan-RB terkait dengan informasi daftar register online cpns di situs panselnas adalah tanggal 20 Agustus – 3 September 2014.

Namun di hari Rabu 20 agustus 2014 kemarin panselnas sempat down servernya karena secara bersamaan diakses secara online oleh jutaan calon pelamar CPNS untuk Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2014. Sehingga panitia mengubah jadwal terbatu update pendaftaran cpns online 2014 adalah tanggal 24 agustus -7 September tahun ini.

Cara Pendaftaran CPNS Online 2014 Panselnas

Pemerintah melakukan rekrutmen seleksi penerimaan CPNS 2014 melalui jalur pelamar umum yang dibuka melalui formasi umum dan formasi khusus. Formasi umum dibuka berdasarkan analisis kebutuhan setiap instansi yang diajukan ke BKN dan Kementerian PAN dan RB untuk dianalisa dan dikeluarkan formasi yang disetujui untuk diadakan rekrutmen seleksi tes penerimaan cpns di tahun ini.

Pendaftaran CPNS 2014 memang menggunakan sistem baru yang berbeda dengan sistem yang digunakan pada tahun-tahun sebelumnya, dimana Pendaftaran CPNS tahun ini menggunakan sistem sigle entry lewat situs yang beralamat di https://panselnas.menpan.go.id/.

Meskipun pada awal-awal pendaftaran yang dibuka pada hari rabu tanggal 20 Agustus 2014 kemarin portal panselnas mengalami kendala akan tetapi tim IT panselnas terus mengupayakan agar situs ini bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran, dan pada pagi ini yaitu Selasa tanggal 26 agustus 2014 situs panselnas dapat diakses dengan lancar.

Berikut Alur Proses Tahapan Mendaftar Online CPNS 2014 Panselnas.menpan.go.id dan dilanjutkan pada website sscn.bkn.go.id seperti informasi yang dilansir dari website aktualpost.com

Cara Daftar CPNS 2014 di http://www.panselnas.menpan.go.id adalah pertama tentunya para pelamar adalah membuka situs http://www.panselnas.menpan.go.id kemudian pilih menu formasi CPNS 2014, kemudian kita akan dihadapkan dengan pilihan formasi yang akan anda lamar seperti dibawah ini antara lain :

  • Formasi Nasional CPNS 2014 terdiri dari formasi K/L (Kementerian dan Lembaga).
  • Formasi di Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.
  • Untuk saat ini baru instansi pusat saja yang bisa dilakukan pendaftaran karena formasi untuk instansi daerah belum di masukan dalam portal panselnas. Setelah memilih formasi mana yang akan dilamar anda akan dihadapkan dalam rincian formasi cpns tiap instansi dan silakan dilihat dengan teliti kualifikasi mana yang sesuai dengan jurusan serta pendidikan anda, setelah itu silakan scroll sampai bawah kemudian akan ada tulisan Apabila sudah memahami dan menyetujui pilihan ini, silahkan melanjutkan ke Formulir Registrasi.
  • Formulir Registrasi beralamat di https://regpanselnas.menpan.go.id dimana ini merupakan formulir registrasi CPNS 2014 secara global, dimana anda diminta untuk memasukan data sesuai dengan yang diminta seperti gambar dibawah ini setelah selesai tinggal dipencet tombol kirim
Formulir Pendaftaran CPNS Online Panselnas 2014

Untuk menuju ke link registrasi silakan langsung rekan mengklik link tautan berikut ini : https://regpanselnas.menpan.go.id.

Setelah Proses Pendaftaran di panselnas.menpan.go.id selesai maka akan dilanjutkan ke situs sscn.bkn.go.id langkah-langkah seperti dibawah ini yaitu :

  • Pelamar akan mendapatkan username dan password dan link registrasi untuk melanjutkan pendaftaran melalui email yang aktif yang sudah didaftarkan sebelumnya
  • Setelah mendapatkan username dan password pelamar bisa login ke http://www.sscn.bkn.go.id dan melakukan pengisian biodata dan memilih jabatan yang akan dilamar lalu mencetak kartu registrasi
  • Pelamar menyiapkan dan mengirimkan berkas sesuai dengan persyaratan instansi dan wajib menyertakan kartu registrasi dari sscn
  • Tim verifikator akan melakukan verifikasi berkas berdasarkan syarat pendaftaran dan untuk pelamar yang dinyatakan lulus administrasi dapat langsung mencetak kartu peserta dan melanjutkan tes TKD
  • Pelamar akan mendapatkan kartu peserta
  • Pelamar bisa melihat status pelamar lewat situs sscn.bkn.go.id atau semua media cetak Televisi atau web instansi masing masing yang dipublish dan diumumkan oleh instansi
Pendaftaran CPNS Online Agustus 2014 Panselnas

Dikutip dan dilansir dari laman website situs Panselnas.menpan.go.id, berikut ini beberapa persyaratan secara umum dalam melakukan registrasi dan pendaftaran secara online CPNS tahun anggaran 2014-2015 ini yaitu :

  • Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
  • Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
  • Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
  • Surat elektronik (email) yang biasa dan selalu calon pelamar akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
  • Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi
  • Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah.
  • Kebenaran isian serta berkas digital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis. Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki wewenang untuk melakukan perubahan pada isian calon pelamar.
Cara Pendaftaran Online CPNS Agustus 2014 sscn.bkn.go.id

Demikian beberapa tahapan cara serta proses melakukan pendaftaran online di panselnas.menpan.go.id. Bila ingin segera melakukan pendaftaran silakan langsung menuju kelink berikut ini : www.panselnas.menpan.go.id. Dan juga ke link tautan berikut ini : https://regpanselnas.menpan.go.id

monggo di Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s